Waduuh...PNS Fiktif Gentayangan, Negara Rugi Triliunan


BERITAPNS.COM- Assalamualaikum wr..wb
Salam sejahtera buat kita semua.

Informasi mengenai PNS fiktif terus menjadi perbincangan hangat saat ini karena jumlahnya mencapai 57 ribu lebih dan merugikan negara hingga triliunan pertahun, mau tau rinciannya dibawah ini.

Temuan tentang 57.724 pegawai negeri spill (PNS) yang diduga fiktif tidak hanya mengagetkan. Sebab, temuan yang terungkap dari hasil Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui sistem online atau e-PUPNS itu juga mengindikasikan adanya kerugian negara.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan,‎ PNS bodong itu paling banyak untuk golongan 2a, 3a, 3b, dan 4a. Bahkan tercatat ada ratusan yang bergolongan 4e.
"Jujur saja saya sampai kaget melihat data e-PUPNS ini. Kok banyak sekali PNS misterius. Datanya semuanya lengkap tapi keberadaannya orangnya tidak jelas," kata Bima kepada JPNN, Jumat (22/4).

Bima memerinci, mayoritas PNS bodong itu tercatat bermasa pengabdian antara 10-30 tahun.  Jika diasumsikan setiap PNS bergaji Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta, katanya, maka potensi kerugian negara mencapai triliunan rupiah.

Hanya saja, kata Bima, pihaknya masih terus menginvestigasi temuan itu.  Sebab, bisa saja ada PNS yang belum melapor melalui registrasi secara online.

Demikian berita yang kami lansir dari jpnn.com semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waduuh...PNS Fiktif Gentayangan, Negara Rugi Triliunan"

Post a Comment